Ragam Kuliner Khas Ramadhan Paling Jarang Ditemui

- Redaksi

Rabu, 13 Maret 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Suaranesia – Bulan Ramadhan selain dikenal sebagai bulan yang penuh berkah juga identik dengan berbagai menu khas yang hanya muncul pada bulan itu saja. Makanan seperti kolak, es buah dan semacamnya tentu tidak asing ditelinga sebagai menu takjil untuk berbuka.

Namun, tahukah Anda jika ada banyak daerah di Indonesia yang punya kuliner khas Ramadhan yang unik? Apa sajakah panganan-pangan tersebut?

1. Pisang Asar

Berbeda dengan kuliner berbahan dasar pisang lain yang pada umumnya dibakar atau digoreng, kuliner asal Ambon ini justru diolah dengan cara dipanggang.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Panganan ini dibuat dari pisang raja yang dipanggang kemudian dicampur kacang kenari, mentega, telur, kayu manis, dan ditaburi gula aren bubuk di atasnya. Di daerah asalnya, panganan ini disantap bersama teh hangat saat berbuka.

Baca Juga :  Lomba Kreasi Makanan Berbahan Singkong

2. Jadah Manten

Sesuai namanya yang memiliki arti pengantin, awalnya kuliner ini merupakan sajian khas untuk hantaran perkawinan pihak laki-laki untuk pihak perempuan.  Namun, seiring waktu kuliner ini justru sering dikonsumsi saat bulan Ramadhan masyarakat Yogyakarta.

Visual makanan ini juga unik karena terbuat dari ketan yang diisi potongan daging ayam atau sapi dan kemudian “dibungkus” adonan telur dadar. Setelah itu, dilipat menggunakan tusuk bambu dan potongan buncis kecil sebagai penyangga. Sungguh unik bukan?

3. Bingke Berendam

Kue tradisional khas Pontianak ini sangat identik dengan bulan Ramadhan. Awalnya kudapan ini hanya punya 1 rasa yaitu original saja namun sekarang sudah banyak varian rasa yang lebih modern seperti coklat, durian, keju, dan sebagainya.

Baca Juga :  Kuliner Khas Palembang Warung Terapung Pindang Mbok War

Nama kue ini berasal dari bentuknya mirip seperti bunga yang sedang mekar dan kemudian disiram dengan larutan manis yang berasal dari campuran gula dan putih telur.

4. Ketan Bintul

Konon, makanan ini sudah menjadi makanan khas bulan Ramadhan sejak abad ke-16. Sesuai namanya, kuliner ini terbuat dari beras ketan yang dibentuk segi empat dan diberi taburan gurih seperti serundeng kelapa, daging dan kuah semur.

5. Barongko

Jajanan khas Ramadhan ini berasal dari Makassar. Terbuat dari campuran telur, pisang, santan, gula, dan garam yang dijamin sangat memanjakan lidah. Teksturnya yang lembut dan manis ditambah aroma harum karena dibungkus daun pisang dan dikukus  membuatnya selalu menjadi incaran saat berburu takjil.

Berita Terkait

Kuliner Khas Palembang Warung Terapung Pindang Mbok War
Lomba Kreasi Makanan Berbahan Singkong
Berita ini 11 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 13 Maret 2024 - 14:53 WIB

Ragam Kuliner Khas Ramadhan Paling Jarang Ditemui

Senin, 10 Oktober 2022 - 13:52 WIB

Kuliner Khas Palembang Warung Terapung Pindang Mbok War

Kamis, 18 Agustus 2022 - 12:39 WIB

Lomba Kreasi Makanan Berbahan Singkong

Berita Terbaru

Berita

Video Paparan ZI Rutan Kandangan

Jumat, 29 Mar 2024 - 07:04 WIB

Berita

Link Video Profil Rutan Kelas IIB Kandangan

Jumat, 29 Mar 2024 - 06:50 WIB

Berita

Amalan Utama Di Bulan Ramadhan yang Wajib Dilakukan

Senin, 18 Mar 2024 - 16:52 WIB