Berita  

Beredarnya Informasi Hoax Dan Tudingan Adanya Penebangan Ilegal Jenis Kayu Di Kawasan RPH Bungatan Ini Hasil Tim Investigasi

Suaranesia.com, Situbondo, Pasir Putih Situbondo Jatim Selasa 27 September 2022: Berikut fakta yang terjadi di Lapangan tentang Beredarnya Informasi Hoax dan Tudingan Tentang adanya Penebangan Ilegal Beberapa Jenis Kayu di Kawasan RPH Bungatan.

Pasca Penelusuran tim investigasi dari Awak Media Sitijenarnews dan Headline-news hari Senin 26 September 2022 di Beberapa titik lokasi tentang adanya Informasi penebangan liar di Petak 34C dan di Petak 35 yang Notabene Lokasi PKS dengan Nomor Perjanjian 189/PKS/BWO/DIVRE-Jatim.

Yang pertama;

Hasil investigasi Tim untuk yang di Petak 34 C Tidak ada penyimpangan dalam pelaksanaan tebangan tersebut. karena Hasil investigasi Tim Menemukan fakta Pelaksanaan tebangan D1 Jenis jati telah sesuai dengan juknis yang ada di Perum Perhutani termasuk Mahoni yang harus dirempes, memang ada sebagian mahoni yang sangat miring dan sangat membahayakan penguna jalan  yang mana memang layak ditebang karena dihawatirkan pada musim penghujan roboh dan mengenai pengguna jalan pantura yang dikenal cukup padat sehingga akan membawa korban, sementara hasil kayu yang mengandung Kayu perkakas semuanya diamankan di Rumah Dinas KRPH Bungatan. Hal ini menjadi kontraproduktif dan mematahkan pemberitaan yang ada.

Terlebih Tebangan D1 di Petak 34 C ini sudah ada surat perintah dari ADM CDK wilayah Banyuwangi Situbondo.

Yang Ke Dua;

Tudingan Penebangan Puluhan Kayu di Petak 35 Lokasi PKS dengan Nomor Perjanjian 189/PKS/BWO/DIVRE-Jatim. Tak jauh beda Tim Investigasi dari Sitijenarnews dan Headline-news yang di Bantu Satu tim dari LSM Siti Jenar Selama dua hari itu pun mendapatkan hal serupa. Dengan Rincian Sebagai Berikut:

Informasi adanya penebangan di lokasi hutan ini juga di check dan dipastikan oleh tim Perhutani KPH Bondowoso diwakili oleh Waka Utara dan Danru Polhutmob Beserta Tim dari BPKP panarukan. menemukan 3 Kayu Sengon Buto yang di informasikan ditebang itu Hoax karena Kayu tersebut telah roboh beberapa tahun yang lalu dan beberapa pohon tanaman liar yang di Potong itu bukan tanaman Perhutani seperti yang di informasikan oleh beberapa oknum  yang tidak bertanggung jawab tersebut karena tanaman itu jelas murni tanaman liar yang memang dibersihkan.

Hal Senada juga disampaikan oleh Taufik Salah satu Tim Investigasi dari awak media Sitijenarnews yang juga melakukan Investigasi mendalam selama 2 hari menyatakan Itu bukan Penebangan seperti Cerita Hoax yang sempat beredar. Dikarenakan itu adalah Kegiatan pembersihan tanaman liar untuk sarana dan prasarana untuk menuju wisata rintisan yang mana kawasan tersebut akan dijadikan destinasi wisata alam satu – satunya disepanjang Jalur Pantura Jatim.

Hanya saja hasil kesimpulan para tim yang melakukan Investigasi mendalam di lokasi menyebutkan. Pihak Perhutani KPH BONDOWOSO Terlalu lebay dan Sensitif dalam menanggapi Laporan Prematur dan cenderung keterlaluan melayani oknum-oknum Yang Mengaku Jurnalis dan NGO Pragmatis dan abal – abal yang mana oknum tersebut melakukan ini hanya karena bukan temuan tapi melainkan hanya Mencari keuntungan dengan cara mengada – ngada dalam menakuti para oknum BPKPH dan ADM lugu dan Culun yang ada di wilayah rayon lima Jawa Timur ini. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!