Dr.Ali Mahsun Atmo: Desak Presiden Jokowi Bentuk Badan Keuangan Ekonomi Rakyat Ri Dan Lpdb Kumkm Ri Untuk Umkm Bukan Hanya Koperasi

- Redaksi

Minggu, 18 Desember 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Suaranesia.com, Jakarta,- Atas nama selaku ekonomi rakyat seluruh tanah air dan bangsa Indonesia, kami menyampaikan permohonan sekaligus mendesak Presiden RI Bapak Ir H Joko Widodo untuk segera membentuk BADAN KEUANGAN EKONOMI RAKYAT RI sebagai legacy bagi kawulo alit Indonesia.

Juga perintahkan kepada Menkeu dan Menkop UKM RI untuk merubah skema penyaluran modal usaha LPDB KUMKM RI bukan hanya untuk koperasi melainkan juga untuk UMKM lainnya. Hal tersebut disampaikan dr. Ali Mahsun ATMO, M. Biomed. di PG Center’s Jakarta Jumat 16 Desember 2022.

“Pak Jokowi, Panjenengan nggadah amanah ndugi Gusti Allah SWT, kedah luwe celak lan perhatian marang kawulo alit – Pak Jokowi harus lebih berpihak dan dekat kepada rakyat kecil Indonesia, pelaku ekonomi rakyat dan generasi penerus bangsa”, tutur Dr. Ali Mahsun ATMO, M. Biomed menukil kembali apa yang disampaikan secara langsung ke Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta, Rabu, (15 September 2021).

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pada kesempatan yang baik ini, ijinkan kami menukil kembali sebuah realitas dan fakta yang ada di negeri kita.

Pertama, Indonesia adalah negara terkaya, tersubur dan paling strategis di dunia yang semestinya punya peran besar dan adidaya dalam kancah kehidupan global.

Kedua, Indonesia adalah bangsa terbesar di Dunia, terbangun dari lebih 750Suku Bangsa di atas beragam varian perbedaan. Bangsa ayam jago tanah yang lebih memilih gugur di medan perang daripada pulang kewirangan dan kehilangan harkat dan martabat kemanusiaan.

Ketiga, Indonesia saat ini memiliki 276 juta Penduduk terbesar ke-4 di Dunia, sebuah potensi dan kekuatan yang sangat besar dalam kancah dan dinamika perkonomian dan tata kehidupan global.

Ke- empat, pada Rabu 15 September 2021 di Istana Negara Jakarta, selaku pribadi, rakyat, bangsa dan warga negara RI telah menyampaikan secara langsung kepada Presiden Jokowi untuk lebih berpihak dan dekat kepada rakyat kecil Indonesia, yaitu pelaku ekonomi rakyat dan generasi penerus bangsa. Yang tersampaikan dalam bahasa Jawa: “Pak Jokowi, Panjenengan nggadah amanah ndugi Gusti Allah SWT, kedah luwe celak lan perhatian marang kawulo alit”.

Kelima, pada hari minggu 11 Desember 2022, selaku pribadi rakyat, bangsa, dan warga negara RI kami juga turut mendo’akan keberkahan pernikahan Putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep di Pura Mangkunegaran Solo Jawa Tengah. Pura Mangkunegaran itu adalah simbol kepemimpinan. Tak akan pernah ada pemimpin tanpa keberadaan rakyat, bumi, sejarah panjang, serta tatanan nilai, budaya dan peradaban bangsa yang dipimpin.

Baca Juga :  Pameran Lukisan di Gallery Raos Kota Batu, Ariel Seniman Muda Usung Tema "MARITIM"

Ke-enam, 99,6% dari total unit usaha di negeri ini adalah ekonomi rakyat, usaha mikro, kecil dan menengah yang menghidupi ratusan juta penduduk Indonesia.

Ketujuh, ekonomi rakyat memberikan kontribusi lebih dari 61% dari Produk Domestik Bruto Indonesia.

Kedelapan, ekonomi rakyat menyediakan lebih dari 80% dari total kesempatan kerja bagi warga dan bangsa Indonesia.

Kesembilan, namun demikian, ekonomi rakyat hingga saat ini baru mendapatkan 18-20 % kredit modal usaha baik modal kerja mau pun investasi dari total plafon kredit per tahunnya, serta hanya memutar 27-30% aset dan perekonomian nasional.

Untuk itulah, dilandasi sembilan (9) hal di atas pada kesempatan yang baik ini, kami menyampaikan permohonan dengan penuh rasa hormat dan rendah hati, sekaligus mendesak kepada Presiden Jokowi untuk berkenan memberikan legacy kepada kawulo alit Indonesia, pelaku ekonom rakyat dan bangsa Indonesia untuk segera membentuk BADAN KEUANGAN EKONOMI RAKYAT RI, langsung dibawah dan bertanggungjawab kepada Presiden RI, bukan dibawah kementerian.

Keberadaan BADAN KEUANGAN EKONOMI RAKYAT RI adalah sangat penting dan mendasar. Pertama, dalam kerangka mempermudah, memperluas, dan memperbesar permodalan ekonomi rakyat sehingga mampu maju, berkembang, dan unggul di negeri sendiri, dan dalam percaturan global menghadapi era one world digital economy.

Kedua, sebagai sebuah keniscayaan bagi Indonesia ditengah ketidakpastian global, ancaman resesi ekonomi, krisis pangan, dan krisis energi dunia, serta negeri ini baru terdera pandemi covid-19 selama 2,5 tahun yang ambrukan ekonomi rakyat dan perekonomian nasional.

Ketiga, untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi subsidi bunga KUR, dan subsidi keuangan lain bagi pelaku ekonomi rakyat yang ditanggung APBN RI.

Ke-empat, untuk memfusikan, serta meningkatkan efektivitas dan efisiensi berbagai lembaga negara yang selama ini menyalurkan permodalan ekonomi rakyat diluar lembaga perbankan, diantaranya LPDB KUMKM RI, PMN, Pegadaian dan lainnya.

Kelima, mendorong optimalisasi dana-dana filantropi di negeri ini dimana sekitar Rp 200 trilyun/tahun untuk modal ekonomi rakyat, serta memperluas dan memperbesar skema modal ventura ekonomi rakyat.

Pada kesempatan ini pula, kami sampaikan kepada Presiden Jokowi untuk perintahkan Menteri Keuangan dan Menteri Koperasi dan UKM RI untuk merubah skema penyaluran modal usaha dari LPDB KUMKM RI bukan hanya ke Koperasi sebagaimana dua (2) tahun terakhir melainkan juga ke UMKM diluar badan usaha koperasi Bersatu dan tangguh ekonomi rakyat unggul di negeri sendiri

Disampaikan pada hari Jumat tanggal 16 Desember 2022 di PG Center’s Jakarta oleh: Dr. Ali Mahsun ATMO, M. Biomed.
Ketua Umum KERIS (Komite Ekonomi Rakyat Indonesia) Ketua Umum APKLI
Ketua Umum Primnaskop GSN (Gumregah Sakti Nusantara) Presiden GBN (Gumregah Bhakti Nusantara) Presiden Kawulo Alit Indonesia

Baca Juga :  Terhadap HAJ, PT. Equityworld Futures Diduga Bermodus Trading dan Investasi Bodong

Peresmian tersebut dilaksanakan pada Jumat (16/12/22) lalu, dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Yalimo Dr. Isak Yando, Ketua Klasis Kab Yalimo Pdt Yahya walianggeng, Kepala Dinas Kesehatan Bapak Yunus Sambom, Kepala Dinas pertanian bapak Max, Kepala RSUD Kab Yalimo dr. Natanael Hadi, tokoh agama Pdt Raniawan, Pdt Adam Paluk, Kabag Ops Polres Yalimo AKP Agustianto, Perwira Pembinaan Mental Yonif Raider 142/KJ Letda Inf Edwin Harianja bersama perwira Teritorial Lettu Inf Indar Sinaga dan para tamu undangan lainnya

Sekretaris Daerah Kabupaten Yalimo Dr. Isak Yando berkesempatan untuk menggunting Pita sekaligus meresmikan penggunaan Gereja GKI Filial Getsemani Hoik bagi seluruh Umat.

Setelah melakukan pemotongan pita bapak Sekda menyampaikan Gereja GKI Filial Getsemani Hoik hari ini sudah diresmikan.

“Peresmian tidaklah mudah dengan berbagai proses yang ada dalam pembangunan, mari para umat kita lakukan peribadatan dan ramaikan Gereja dengan berbagai macams kegiatan positif,” ungkap bapak Sekda

Sementara itu, Perwira Pembinaan Mental Yonif Raider 142/KJ Letda Inf Edwin Harianja menyampaikan bahwa kehadiran Satgas Yonif Raider 142/KJ dalam peresmian rumah ibadah Gereja GKI Filial Getsemani Hoik ini adalah cara untuk mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan antar umat beragama maupun komponen masyarakat lain yang ada di kampung Filial, Distrik Elelim

“Kahadiran saya disini mewakili Dansatgas Yonif Raider 142/KJ Letkol Inf Esnan Haryadi, mengucapkan selamat telah diresmikannya Gereja GKI Filial Getsemani Hoik. Umat bisa melaksanakan peribadatan dengan lebih tenang dan nyaman serta bisa melakukan berbagai kegiatan keagamaan lainnya,” ungkapnya.

“Mari kita pererat kerukunan dan persaudaraan antar umat beragama, sehingga stabilitas keamanan di Kampung Filial, Distrik Elelim, dapat tetap berjalan kondusif, aman dan nyaman,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Klasis Kabupaten Yalimo Bapak Pdt Yahya Walianggeng sekaligus mewakili pihak Gereja mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada seluruh pihak yang telah membantu selama proses pembangunan Gereja, yang memakan waktu kurang lebih 1 tahun tersebut.

“Terima kasih bantuan berupa dana, tenaga dan materiel yang telah diberikan. Gereja telah berdiri, Mari para umat Nasrani sekalian kita ke gereja untuk berbakti kepada Tuhan,” katanya.

Autentikasi : Papen Satgas Yonif R 142/KJ

Berita Terkait

4 Macam Linux Yang Bisa Dicoba Pengguna
4 Cara Unduh Video Pinterest
4 Kegunaan Kamera Ultrawide Pada Gadget
Cara Unduh Sound Tiktok Tanpa Video
Cara Downgrade HyperOS Pada Hp Xiaomi
Video Paparan ZI Rutan Kandangan
Link Video Profil Rutan Kelas IIB Kandangan
Amalan Utama Di Bulan Ramadhan yang Wajib Dilakukan
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 4 Mei 2024 - 05:57 WIB

4 Macam Linux Yang Bisa Dicoba Pengguna

Jumat, 3 Mei 2024 - 11:24 WIB

4 Cara Unduh Video Pinterest

Jumat, 3 Mei 2024 - 11:15 WIB

4 Kegunaan Kamera Ultrawide Pada Gadget

Kamis, 2 Mei 2024 - 10:38 WIB

Cara Unduh Sound Tiktok Tanpa Video

Kamis, 2 Mei 2024 - 09:28 WIB

Cara Downgrade HyperOS Pada Hp Xiaomi

Jumat, 29 Maret 2024 - 06:50 WIB

Link Video Profil Rutan Kelas IIB Kandangan

Senin, 18 Maret 2024 - 16:52 WIB

Amalan Utama Di Bulan Ramadhan yang Wajib Dilakukan

Jumat, 15 Maret 2024 - 15:06 WIB

Pola Makan Sehat Selama Bulan Ramadhan, Hindari GGL Berlebihan

Berita Terbaru

Berita

4 Macam Linux Yang Bisa Dicoba Pengguna

Sabtu, 4 Mei 2024 - 05:57 WIB

Berita

4 Cara Unduh Video Pinterest

Jumat, 3 Mei 2024 - 11:24 WIB

Berita

4 Kegunaan Kamera Ultrawide Pada Gadget

Jumat, 3 Mei 2024 - 11:15 WIB

Berita

Cara Unduh Sound Tiktok Tanpa Video

Kamis, 2 Mei 2024 - 10:38 WIB

Berita

Cara Downgrade HyperOS Pada Hp Xiaomi

Kamis, 2 Mei 2024 - 09:28 WIB