Personil Kodim 0113 Gayo Lues Musnahkan Ladang Ganja Seluas 3 Hektar

Gayo Lues – Personil Kodim 0113 Gayo Lues lakukan pemusnahan ladang ganja seluas 3 Hektar di pedalaman kawasan hutan lindung Kampung Pepelah Kecamatan Pining Kabupaten Gayo Lues provinsi Aceh pada Rabu (07/09/2022).

Dalam pemusnahan ladang Ganja tersebut langsung dipimpin oleh Dandim 0113 Gayo Lues Letkol Inf Krismanto, S.Pd. serta di dampingi oleh Danramil 05/Pining Kapten Syahrijal, Unit Intel, Babinsa, PJ Pengulu Kampung Pepelah, Anggota Urang Tue, Linmas dan masyarakat setempat.

Setelah melakukan perjalanan yang cukup melelahkan yang dipenuhi semak belukar serta tanjakan yang begitu ekstrim, Hingga 3 jam perjalan Personil Kodim 0113 Gayo Lues serta dengan rombongan baru sampai di lokasi ladang Ganja,dan langsung melakukan pemusnahan terhadap tanaman ganja tersebut.

Dandim 0113 Gayo Lues Letkol Inf Krismanto,S.Pd. mengatakan, Pemusnahan yang kita lakukan ini berdasarkan informasi yang kita terima dari masyarakat terhadap Babinsa setempat yaitu Serda Ali Naksabandi dan kemudian Babinsa melaporkanya pada Danramil 05/Pining kemudian pihak Danramil melakukan musyawarah dengan Muspika Kecamatan Pining untuk dilalakukan pengecekan terhadap ladang ganja ini dan kemudian melaporkanya pada pihak Kodim 0113 Gayo Lues.

Atas laporan tersebut pihak Kodim 0113 Gayo Lues langsung membuat laporan penemuan ladang ganja dengan luas 3 hektar dan ditanami pohon ganja lebih kurang sekitar 10.000 (sepuluh ribu) pohon ganja siap panen kepada Komandan Korem 011 Lilawangsa Aceh.

Kemudian pihak Komandan 011 Lilawangsa langsung memberi perintah kepada Kodim 0113 Gayo Lues agar melakukan pemusnahan ladang Ganja tersebut,dan Alhamdulillah pada saat ini pemusnahan ladang ganja sudah kita lakukan yang dibantu oleh Danramil 05/Pining, unsur masyarakat dan Babinsa setempat.

“Pihak kita sudah melakukan pemusnahan terhadap 3 Hektar ladang ganja dan sekitar 10.000 ribu pohon ganja yang siap panen dengan cara kita cabut lalu di bakar”,ujar Dandim.

Kami berharap kepada masyarakatnya Gayo Lues agar menanam pohon yang lebih produktif aman dan tidak menyalahi hukum, Sebab ganja merupakan masalah Nasional karena ini akan mengancam generasi muda yang akan datang, Untuk itu kami himbau kepada masyarakat yang berniat ingin melanjutkan menanam ganja agar tidak lagi melanjutkanya dan agar berganti kepada tanaman-tanaman yang lebih produktif,tegas Dandim Letkol Inf Krismanto.

Sementara itu PJ Pengulu Kampung Pepelah Kecamatan Pining Junaidi sangat berterima kasih kepada jajaran Kodim 0113 Gayo Lues yang telah berinisiatif untuk melakukan pemusnahan ladang ganja di kawasan hutan lindung Kampung Pepelah, tentunya kami sangat mengapresiasi pihak Kodim 0113 Gayo Lues karena sebelumnya pihak kami juga tidak mengetahui keberadaan ladang ganja tersebut dan rupanya masih ada masyarakat yang nekad melakukan penanaman ganja ini.

Kami berharap kepada pemerintah Pusat, Provinsi maupun pemerintah daerah Gayo Lues agar terus memberikan dukungan pada masyarakat kami untuk mensosialisasikan dan mengalihkan tanaman ganja pada komoditi unggulan seperti tanaman jagung, karena saat ini masyarakat kampung Pepelah sudah hampir 50 persen bercocok tanam dengan komoditi tanaman jagung,pinta Junaidi.(Muhammad Tujung)

Penulis : Muhammad Tujung
Editor : Ajb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!