Siswa Siswi SPI Batu Bersama Mahasiswa STK SPI, Pendidikan Bela Negara di Pusdik Arhanud

Suaranesia.com,Kota Batu – Wakil Komandan Latihan ( Wadanlat ) Pusdik Arhanud Kapten Arh. Alfian Gustaf membuka pendidikan bela negara bagi Siswa SMA Selamat Pagi Indonesia (SPI) dan Mahasiswa STK SPI, di lapangan Sudirman PusdikArhanud, Senin ( 22/8/2022).

Pendidikan bela negara diikuti 139 siswa SMA SPI dan 8 mahasiwa baru Sekolah Tinggi Kewirausahaan SPI selama dua hari, tanggal 22-23 Agustus 2020 di Pusdik Arhanud.

Wadanlat Pusdik Arhanud Kapten Arh. Alfian Gustaf menekankan bela negara merupakan sebuah kewajiban bagi seluruh rakyat Indonesia tanpa pengecualian, karena kedamaian dan ketentramaan saat ini merupakan sebuah anugerah yang tidak didapatkan secara mudah, melainkan melalui pertumpahan darah, tangisan, dan jeritan pejuang-pejuang Indonesia.

“salah satu unsur dari bela negara adalah mengembangkan sikap disiplin dan rajin belajar, kedisiplinan diri dengan semangat belajar yang tinggi akan memunculkan sumber daya manusia yang cerdas dan bertanggung jawab,” tegas Wadanlat.

Sedangkan manfaat lainnya dari perwujudan bela negara bagi generasi muda antara lain, membentuk sikap disiplin baik waktu, aktivitas, dan pengaturan kegiatan lainnya, kemudian membentuk jiwa kebersamaan dan solidaritas antar sesama rekan seperjuangan, membentuk mental maupun fisik yang tangguh, menanamkan rasa kecintaan pada bangsa serta patriotisme sesuai dengan kemampuan diri.

“Semangat bela negara juga melatih jiwa leadership dalam memimpin diri sendiri maupun kelompok, membentuk Iman dan taqwa pada agama yang dianut oleh individu, berbakti pada orang tua, bangsa, agama, melatih kecepatan, ketangkasan, ketepatan individu dalam melaksanakan kegiatan, menghilangkan sikap negatif seperti malas, apatis, boros, egois, serta tidak disiplin, membentuk perilaku jujur, tegas, adil, tepat, dan kepedulian antar sesama,” lanjutnya.

Materi yang diberikan dalam pendidikan bela negara, menurut Letda Arh.Sisworo diantaranya PBB, latihan kedisiplinan, Tata Upacara Militer (TUM) serta Games yang menekankan tentang pembentukan team work.

“materi pelatihan belanegara, diantaranya PBB, latihan disiplin, TUM serta games yang melatihan team work di SPI,” tambah Letda Sisworo sebagai koordinator PBB. (Amy/Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!