Gubernur Sumbar : Kami Apresiasi Sinergi dan Kolaborasi Kanwil Kemenkumham Sumbar dengan Pemerintah Daerah, Forkopimda, dan Instansi Vertikal Untuk Memajukan Sumatera Barat

Padang – Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah memberikan apresiasi pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat (Kanwil Kemenkumham Sumbar) karena telah berkontribusi positif dalam memajukan Provinsi Sumatera Barat dengan pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang hukum dan HAM. Hal itu disampaikan Mahyeldi saat memberikan sambutan pada acara Tasyakuran Peringatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-77 yang diselenggarakan pada Jumat malam (19/7) di Aula Gubernuran Provinsi Sumbar.

Pada pelaksanaan tusi  Kemenkumham yang luas cakupannya, mulai dari Keimigrasian, Pemasyarakatan, hingga Pelayanan Hukum dan Pemajuan HAM tersebut, menurut Mahyeldi, Kanwil Kemenkumham Sumbar telah berhasil bersinergi dan berkolaborasi dengan seluruh pihak terkait, mulai dari Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota, Forkopimda, DPRD, hingga Instansi Vertikal di Wilayah Kerja dan mitra lainnya, sehingga pelaksanaan tusi dapat berjalan baik dan memberikan pelayanan optimal bagi masyarakat Sumatera Barat.

“Sesuai arahan Presiden RI, saat ini memang era kolaborasi. Kami sangat mengapresiasi dan mendukung upaya dan kerjasama dari Kanwil Kemenkumham Sumbar dalam bersinergi dengan seluruh stakeholder demi kemajuan Ranah Minang, Provinsi Sumbar yang kita cintai ini, khususnya di bidang hukum dan HAM,” ujar Mahyeldi.

Acara tasyakuran HDKD ke-77 ini berlangsung semarak dalam suasana kebersamaan. Dihadiri oleh Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota, Forkopimda, DPRD Kab/Kota, hingga Instansi Vertikal di Wilayah Kerja dan mitra kerja Kanwil Kemenkumham Sumbar. Selain itu, acara ini juga dihadiri Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrasi, serta Kepala Unit Pelaksana Teknis se-Sumatera Barat.

Kakanwil Kemenkumham Sumbar, R. Andika Dwi Prasetya mengucapkan terima kasih kepada seluruh mitra kerja Kemenkumham atas dukungan dan kerja sama yang baik, sehingga jajaran Kanwil Kemenkumham Sumbar dapat terus berbenah dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Sumatera Barat.

“Pada Hari Ulang Tahun Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, HDKD yang ke-77 ini, kami menguatkan komitmen untuk semakin membumi, sesuai falsafah Minangkabau “Dimano bumi dipijak, disitu langik dijunjuang”, segenap jajaran Kanwil Kemenkumham Sumbar bertekad memberikan kinerja terbaik demi memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat Sumbar dibidang Hukum dan HAM,” ujar Kakanwil.

Berbagai rangkaian kegiatan telah dilaksanakan Kanwil Kemenkumham Sumbar untuk menyemarakkan Peringatan HDKD ke-77, mulai dari kegiatan bakti sosial seperti donor darah, tali kasih ke panti asuhan, bersih-bersih serta ziarah Taman Makam Pahlawan, dan bakti sosial ke desa terpencil. Dilaksanakan pula Semarak Kumham Pentas Seni Budaya Minangkabau di Pariaman sebagai bentuk kepedulian Kemenkumham Sumbar pada Budaya Minangkabau yang merupakan Aset Kekayaan Intelektual Komunal. Selanjutnya, kegiatan olahraga seperti open turnamen mini soccer antar Aparat Penegak Hukum, OPD & Wartawan, voli gembira, sepeda santai, sampai dengan e-sport dan virtual run yang mendapatkan penghargaan MURI, hingga kegiatan pelayanan publik, seperti Paspor Masuk Desa/Nagari, KI Goes to UMKM, pendampingan UMKM berbadan hukum, pendampingan e-katalog, harmonisasi Ranperda, Desa Sadar Hukum, dan lainnya.

“Dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan, kami berharap dapat mendekatkan antara Kementerian Hukum dan HAM dengan masyarakat sebagai penerima layanan. Selain itu, sinergi, kolaborasi, dan elaborasi juga senantiasa kami dorong dengan Pemerintah Daerah, Forkopimda, dan mitra kerja lainnya untuk meningkatkan kinerja kita sesuai dengan perkembangan yang ada di masyarakat,” ujar Kakanwil.

Acara tasyakuran semakin meriah dengan prosesi potong tumpeng, serta pemberian berbagai sertifikat Kekayaan Intelektual, seperti Hak Cipta dan Merk, serta Sertifikat Perseroan Perorangan, dan Anugrah Jurnalistik pada wartawan pemenang lomba penulisan berita. Salah satu Sertifikat yang diberikan adalah Surat Pencatatan Cipta kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat atas Cipta Lagu Mars Sumatera Barat yang diterima langsung oleh Gubernur  Sumbar. Menariknya, pada acara ini tim paduan suara Kanwil Kemenkumham Sumbar juga tampil menyanyikan Mars Sumatera Barat, yang dikalangan Pemerintah Daerah sendiri belum begitu populer. Untuk hal ini, Kakanwil Kemenkumham Sumbar mendapat salut dan apresiasi dari jajaran Pemda atas respon cepat Kanwil Kemenkumham Sumbar dalam mensosialisaikan Mars Sumbar. Kakanwil bahkan memerintahkan setiap kegiatan resmi di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumbar wajib mengumandangkan Mars Sumbar tersebut.

Selain itu juga diserahkan tali kasih berupa bantuan sembako pada Veteran Kemerdekaan RI, Panti Asuhan, Purnabhakti Kemenkumham Sumbar, dan PPNPM. Tali kasih yang diberikan  bersumber dari dana yang ada pada kas ‘Kumham Peduli, Kumham Berbagi’, yang merupakan tabungan rutin seluruh Insan Pengayoman se-Sumbar yang dikumpulkan setiap hari Jumat. (Humas Kemenkumham Sumbar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!