Polres Nias Gelar Lat Pra Ops Mantap Huta Toba Tahun 2022

Suaranesia.com, Gunungsitoli // Dalam rangka kegiatan Operasi Mantap Huta Toba 2022 Pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Wilayah Kab. Nias, Polres Nias melaksanakan Latihan Pra Operasi (Latpraops) bertempat di Aula Sanika Satyawada Jalan Bhayangkara No.01 Kelurahan Ilir Kota Gunungsitoli, Senin (10/10/2022) kemarin pagi.

 

Kegiatan Lat Pra Ops Mantap Huta Toba Tahun 2022 tersebut dipimpin oleh Kapolres Nias AKBP Luthfi, S.I.K. dan secara resmi membuka acara Lat Pra Ops serta menyampaikan arahan dan bimbingan kemudian masing-masing Kasatgas memaparkan situasi dan kondisi serta upaya dan langkah – langkah yang akan dilakukan guna capaian target keberhasilan dalam pelaksanaan Ops Mantap Huta Toba 2022 dalam rangka melakukan Pengamanan Pelaksanaan Pilkades di Wilayah Kabupaten Nias.

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Wilayah Kabupaten Nias Tahun 2022 akan dilaksanakan di 124 Desa pada 10 Kecamatan, tahapan Pilkades tersebut telah dimulai dari tanggal 15 September 2022 diawali dengan Pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa dan dilanjutkan dengan tahapan-tahapan lainnya, dimana kegiatan Pemungutan Suara hari “H” nantinya akan dilaksanakan pada Tanggal 25 November 2022 sampai pada Pelantikan Kades terpilih pada Tanggal 29 Desember 2022.

Kapolres Nias AKBP Luthfi, S.I.K. dalam arahannya menyampaikan, “Maksud dan tujuan pelaksanaan Lat Pra Ops Mantap Huta Toba Tahun 2022 ini, untuk memberikan gambaran kepada peserta Lat Pra Ops dalam rangka menyamakan Persepsi dan Pola tindak Kegiatan Pengamanan Pilkades se- Kabupaten Nias Tahun 2022 di Wilayah Hukum Polres Nias”.

“Mulai dari sekarang ini, agar Personil Polres Nias mempersiapkan diri dalam menghadapi Pilkades di Kab. Nias, laksanakan tugas sesuai dengan SOP dan apabila terjadi masalah atau kericuhan dilapangan, sesegera mungkin dilaporkan kepada Perwira Pengendali (Padal) sehingga dapat mengambil tindakan selanjutnya“, Pungkas Luthfi.

“Dengan Pelaksanaan Latpra ops ini, dapat memberikan manfaat dan Pengetahuan maupun ketrampilan dalam pelaksanaan tugas Pengamanan yang dilakukan nantinya, yaitu untuk mengamankan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Wilayah Kabupaten Nias“, Ujar Luthfi.

“Kepada setiap peserta Lat Pra Ops, diharapkan agar mengikuti kegiatan ini dengan serius sehingga dalam pelaksanaan operasi Mantap Huta Toba nantinya pengamanan pada setiap tahapan Pilkades berjalan aman, lancar dan tertib dan mencapai target yang telah direncakan“, Harap Luthfi.

“Dalam bertindak tetap kedepankan sikap simpatik, Humanis dan sesuai dengan SOP, Laksanakan tugas operasi secara Profesional, Humanis, Hindari Arogansi, laksanakan tugas Operasi dengan semangat, bekerja dengan baik dan jadikan pekerjaan sebagai amal Ibadah“, Tegas Luthfi.

Dalam kegiatan Lat Pra Ops Mantap Huta Toba tersebut hadir Kabid Pemberdayaan Pemerintah Desa Dinas Sosial PMD P2D Kab. Nias FIKAR DAMAI S. GEA, S.Sos, M.I. Kom sebagai Nara Sumber menyampaikan paparan, “bahwa Jika terdaftar sebagai Warga Desa setempat, berhak mendapatkan DPT yang dibuktikan dengan KTP dan Kartu Keluarga”.

“ Pihak Keamanan berada diluar lingkaran TPS namun apabila terjadi keributan didalam Lokasi TPS maka Personil Pengamanan berhak masuk kelokasi TPS untuk melakukan Pengamanan “, Papar Fikar Gea.

“Untuk Logistik akan diserahkan kepada panitia Pemilihan oleh panitia pemilihan tingkat kabupaten melalui panitia pemilihan tingkat Kecamatan dan bertanggung jawab dalam menjaga keamanan dan keutuhan jumlah surat suara yang telah diterima selama proses Pilkades“, Ujar Fikar Gea.

Lanjut papar Fikar Gea, “Setelah selesai dilakukan perhitungan suara yang sah / Pemungutan suara, Logistik akan diserahkan kepada BPD Desa setempat dan bertanggung jawab dalam menjaga Keutuhan Logistik“.

“Untuk Pengadaan surat suara sekarang ini sedang dalam proses survey HPS dan akan dicetak setelah para calon Kepala Desa ditetapkan“, Jelas Fikar Gea.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Para Kabag Polres Nias, Para PJU dan Perwira Staf Polres Nias, Kapolsek Jajaran Polres Nias, Kanit Intelkam Polsek jajaran, Kanit Binmas Polsek jajaran dan Staf Polres Nias, (Humas res nias / Sabar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!