Tahap ll 3.149 Zakat dan Infaq di Salurkan Baitul Mal Agara Pada Asnaf

Kutacane, SuaraNesia.com – Badan Baitul Mal (BMK) Aceh Tenggara, Kutacane Salurkan Dana Zakat,Infaq, dan Sadakah kepada 3.149. Orang dengan anggaran Rp 2. M. terdiri dari Asnaf Fakir. Miskin, Muaallaf Ibnusabil dan Fisabilillah.

Sumber dana Zakat Infak tahaf ll tahun 2022.

Demikian di Sampaikam Anggota BMK Tgk Saparudin.  Bersama Ketua Dewan Pengawas Kasirin Sekedang di Kantor BMK Kutacane Rabu 5/10/2022.kepada sejumlah wartawan Aceh Tenggara.

Di jelaskan Kasirin Sekedang bahwa kepada Para Penerima Zakat Asnaf Mualaf, dan Setelah Bersyahadat. Maka menjadi Kewajiban setiap Muslim menjalankan Rukun Islam yang lima Hal, Yaitu Mendirikan Shalat, Melaksanakan Puasa di Bulan Ramadhan, Membayar Zakat, dan Menunaikan Ibadah Haji bila Mampu,serta hari ini Sebagai penerima Zakat di harapkan Kedepan untuk dapat menjadi Pembayar Zakat. karena Setiap Muslim wajib Hukumnya Mengeluarkan Zakat yaitu Zakat Fitrah dan.Zakat Mal Yaitu Harta.paparnya.

Lebih lanjut Kasirin  bersama Anggota Badan Baitul Mal Tgk Saparudin dan Tgk Rabusah,  Menyampaikan kepada Saudara saudara yang telah mendapat Hidayah dari Allah menjadi Muslim.  Maka Allah Menghapus, dan mengampuni seluruh dosa dosa selama ini sebelum Islam seperti Kertas putih bersih dan anak bayi yang baru di lahir kan tanpa Dosa,dan dalam Acara Penyerahan Zakat Asnaf Muallaf di Ruang Aula Ziswaf  Kutacane Selasa (5/10)2022.

Di paparkan juga bahwa Asnaf Fakir Sebayak 1.286 Orang dengan Dana yang di salurkan untuk setiap Fakir Rp 400.000.. Miskin sebayak 700 Orang dengan Bantuan Rp 300.000/perorang. Ibnu Sabil sebayak 780 Orang. yang terdiri dari Santri Dalam Daerah sebayak 250 Orang dengan besar bantuan Rp 500.000. Santri Luar Daerah 150 Orang dengan bantuan Rp 500.000. Mahasiswa dalam Daerah sebayak 170 orang perorang Rp 1.000.000. Mahasiswa Luar daerah sebayak  150 Orang setiap orang mendapat Rp 1.000.000.
Mahasiswa  Luar Negeri dan Pascasarjana  sebayak 60 Orang Perorang, Rp 2.500.000
Sedangkan untuk Muallaf sebayak 50 Muallaf setiap orang mendapat Dana Zakat untuk Pembinaan sebesar Rp 2.000.000.

Oleh karena itu dalam proses Penyaluran kepada Santri baik luar, dan dalam daerah, mahasiswa di lakukan secara Non Tunai yaitu langsung ke Rekening Asnaf atau yang menerima.

Sementara itu ucapnya untuk Asnaf Fakir, dan Miskin di salurkan secara Tunai di Kantor atau Balai Camat masing Masing kecamatan , sedangkan Bagi asnaf Fakir yang tidak mampu maka di antar langsung oleh Petugas Penyaluran dari Sekretariat Baitul Mal.tegasnya.

Terkait untuk Para Muallah di Rencanakan akan di serahkan di kantor Baitul Mal sekaligus memberikan Bimbingan, dan pencerahan dari Baitul Mal bagi Para Muallaf.

Pada setiap tim Penyaluran terdiri dari Unsur Badan Baitul Mal, Dewan Pengawas,dan Sekretariat Baitul Mal. terdiri dari V Tim. setiap Tim Terdiri dari 3 Kecamatan Kecuali Tim  2.Kecamatan Bambel, Lawe Sumur, Bukit Tusan dan.Semadam tim ini 4 Wilayah Kecamatan. Sedangkan tim 1. Babussalam, Lawe Bulan dan Deleng Pokhisen Tim 3 Yaitu Kecamatan Badar, Ketambe dan Darul Hassanah. Tim 4 Yaitu Kecamatan Lawe Sigala gala, Babul Makmur dan Leuser. dan Tim 5 yaitu Kecamatan Lawe Alas, Tanoh Alas dan Babul Rahmah.

Tim Ini khusus untuk Penyaluran Asnaf Fakir dan Miskin serta sekaligus sebagai pelaksana Verifikasi Faktual setelah Pendataan oleh Tenaga Relawan.

Lanjutnya juga pada keterangan akhirnya ini jelaskan, bahwa tidak semua yang di data dapat bantuan dari Dana Zakat ini, oleh karena keterbatasan Anggaran yang hanya 2 Milyar, namun bagi yang sudah mendapat tahap ini di tahap selanjutnya di beri bagi yang belum mendapatkannya  bantuan dari dana Zakat  dan infaq Ini, tutupnya.(Sadikin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!