TNI  

*Gubernur Sulsel : Gerak Jalan Disamping Sehat Juga Sebagai Ajang Kedekatan TNI, Polri, Pemda, Institusi dan Masyarakat*

Suaranesia.com//Makassar(Sulsel)– Kodam XIV/Hasanuddin bersama Koopsud II, Lantamal VI dan Divif-3/Kostrad menggelar kegiatan Gerak Jalan Santai sebagai rangkaian kegiatan memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 TNI Tahun 2022, bertempat di Lapangan Hasanuddin Jl. Jend. Sudirman Makassar. Jumat, (7/10/2022).

3000 an peserta gerak jalan santai ini dilepas oleh Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, S.T., bersama Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han), M.H., Pangkoopsud II, Danlantamal VI Makassar, Kasdivif-3/Kostrad, Wakapolda Sulsel, dengan mengangkat bendera start ditandainya gerak jalan santai dimulai.

Kegiatan gerak jalan santai ini, selain untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-77 TNI tahun 2022, juga untuk menjaga kebugaran dan kesehatan serta mempererat jalinan silaturahmi sesuai tema HUT TNI tahun ini yaitu “TNI adalah Kita”.

Sebelum pelaksanaan start Pangdam dalam sambutannya menyampaikan bahwa merasa istimewa karena Gubernur Sulsel turut hadir pada acara gerak jalan Santai. Juga seluruh TNI, Polri, Pemerintah Daerah, Institusi BUMN/ BUMS, Rekan-rekan Media Pers, keluarga dan masyarakat Makassar hadir pada acara ini.

“Alhamdulillah pada hari ini seluruhnya hadir. Dan yang istimewa hari ini Gubernur kita hadir di sini, suatu kehormatan buat kita dan ini berkah buat kita, mudah-mudahan Allah SWT memberikan rahmat dan bimbingan. Dan mohon doa restu untuk TNI ke depan khususnya di Sulawesi Selatan lebih mantap lagi untuk bertugas, bersinergi, mari sama-sama membangun Sulawesi Selatan yang kita cintai bersama,” Tuturnya.

Lebih lanjut Pangdam mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin yakni selain di Kota Makassar juga dilaksanakan di wilayah Korem 141/Tp Kab. Bone, Korem 142/Tatag Kab. Mamuju Sulbar dan di wilayah Korem 143/HO Kendari Sultra. Di Makassar sendiri dibanjiri 3 ribuan peserta yakni dari Angkatan Darat, Laut, Udara, Kepolisian, Pemerintah Daerah, Institusi BUMN/ BUMS, Rekan-rekan Media Pers, Ibu-ibu Persit, Jalasenastri, PIA Ardhya Garini, Bhayangkari, keluarga dan masyarakat Kota Makassar.

“Semua berkolaborasi dan bersinergi dengan masyarakat, tujuannya di samping untuk peringati HUT TNI kita juga membangun kebersamaan, semua harus diawali dari sekarang, bukan setelah kejadian baru kita bersama,” Tandas Pangdam.

“Ini kita akan lakukan seterusnya, bukan hanya ulang tahun ini, kita buat suatu kebersamaan, kita harus kompak. Pesan yang kita ingin sampaikan Whe Are Together, We Are One, kita bersama, kita satu untuk menyelesaikan masalah bangsa. Tidak ada jarak diantara kita, sesuai dengan Tema kita “TNI ADALAH KITA”, artinya kebersamaan menjadi satu kunci dalam membangun satu bangsa. Sinergi, Kebersamaan, Kolaborasi perlu kita bangun,” Sambungnya.

Di kesempatan yang sama Gubernur Sulsel dalam sambutannya memberikan motivasi dalam peringatan HUT TNI ke-77, khususnya kepada Ibu-ibu TNI dari Angkatan Darat, Laut dan Udara supaya senantiasa menjadi yang paling kuat untuk bapak-bapaknya yang terus mengabdi kepada negara.

“Terkhusus kepada Ibu-ibu TNI Darat, Laut dan Udara yang senantiasa menjadi yang paling kuat untuk bapak-bapaknya yang terus mengabdi kepada negara, saya tau bagaimana perjuangan TNI itu, kami besar dan sering makan ransum TNI sejak kecil itulah kebanggaan kita kalau pulang, bapak saya selalu bawa satu karung beras lengkap,” Bebernya.

Pada kesempatan ini pula Andi Sudirman memberikan satu unit hadiah sepeda motor listrik kepada Bapak Pangdam, dan Bapak Pangdam pun menjadikan hadiah doorprize pada acara ini.

Selanjutnya Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Chuzaini Andi Pattopoi, S.H., mengatakan bahwa pihaknya selalu mendukung apa yang dilakukan oleh Pangdam Hasanuddin dan sinergitas TNI Polri tetap terjalin dengan baik.

“Dalam rangka HUT TNI ini, kita lakukan bersama, sinergi TNI Polri. Kami dari Kepolisian selalu mendukung apa yang dilakukan oleh Bapak Pangdam dan sinergitas tetap terjalin dengan baik. Kami berharap sinergitas selalu dilakukan secara konsisten guna menjaga keamanan Sulsel ini,” Ungkapnya.

Salah satu Tokoh masyarakat (Tomas) Bapak Andi Sunardi berharap, kegiatan gerak jalan santai seperti ini supaya seluruh masyarakat aktif melakukannya, bukan hanya di pemerintahan saja guna menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.

“Kami dari masyarakat sangat mendukung, termasuk juga di Pemprov, ada kegiatan namanya Anti Mager (malas gerak), dan itu sudah dilaksanakan di Pemprov, sehingga diharapkan agar masyarakat melakukan itu, bukan hanya di pemerintahan. Dan juga melihat saat ini banyak rumah sakit yang dibangun karena banyaknya penyakit, macam-macam seperti jantung, stroke dan lain-lain, ini karena adanya malas gerak. Nah ini perlu digalakkan supaya tubuh kita tetap bugar dan sehat,” Harapnya.

Adapun jarak yang ditempuh pada Gerak Jalan Santai ini yakni kurang lebih 3,5 Km dengan rute : Start di Jl. Jend. Sudirman (Lap. Hasanuddin), selanjutnya menuju Jl. Sungai Saddang – Jl. Gunung Latimojong – Jl. Gunung Bawakaraeng dan kembali Finish di Lapangan Hasanuddin.

Untuk diketahui dalam memeriahkan kegiatan ini dilakukan pembagian doorprize berupa 1 unit motor listrik, puluhan unit sepeda dan ratusan hadiah hiburan. Nindar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!