*Komisi IX DPR RI dan Pangdam XIV/Hasanuddin Sinergi Perangi ISPA di Makassar*

waktu baca 2 menit
Jumat, 21 Okt 2022 08:54 0 19 admin

Suaranesia.com//Makassar(Sulsel) – Kodam XIV/Hasanuddin menggelar kegiatan Sosialisasi program pencegahan pengendalian penyakit ISPA “Gejala dan tanda Pneumonia dan Influenza, yang diikuti oleh PNS dan Persit Kodam XIV/Hadanuddin, bertempat di Balai Pertemuan Hasanuddin Kota Makassar. Kamis, (20/10/2022).

Kegiatan ini diprakarsai oleh pihak Komunitas Aliyah Mustika Ilham (KAMI) untuk menyelenggarakan sosialisasi tentang program pengendalian penyakit ISPA.

Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han) dalam sambutannya yang dibacakan oleh Pamen Ahli Bid. Hukum dan Humaniter Kolonel Arm Airlangga mengatakan, kegiatan ini, disamping memberikan pengetahuan tentang tata cara pencegahan penularan penyakit, juga sekaligus sebagai edukasi untuk memberikan informasi seputar penyakit menular dan pentingnya menjaga kesehatan tubuh.

“Kegiatan sosialisasi ini sangat penting artinya untuk menambah bekal pengetahuan tentang bahaya penyakit ISPA dan upaya menjaga serta memelihara kesehatan, utamanya pemahaman tentang tata cara mencegah terjadinya penularan penyakit secara baik dan benar,” Tuturnya.

“Kita ketahui, bahwa ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) adalah penyakit yang disebabkan oleh terjadinya infeksi di saluran pernapasan atas maupun bawah yang dapat menimbulkan gejala batuk, pilek dan demam, sehingga sangat mudah untuk menular.

Penyakit ini paling banyak terjadi di negara-negara berkembang dan sangat rentan terjadi pada diri anak-anak dan Lansia. Penularan penyakit ini lebih dominan disebabkan oleh virus sehingga menyerang orang-orang yang daya tahan tubuhnya tidak kuat,” Jelasnya.

Pangdam berharap apa yang diterima pada sosialisasi ini supaya dijadikan bekal berharga untuk mencegah penularan penyakit ISPA, baik di satuan, kalangan masyarakat maupun dalam lingkup keluarga sendiri.

“Ada perkataan bijak, bahwa “pencegahan adalah lebih baik dari pada mengobati”. Hal inilah yang mungkin harus selalu diperhatikan dalam memelihara kondisi kesehatan masing-masing sehingga kita tidak mudah tertular penyakit ISPA, terlebih lagi dalam menghadapi kondisi cuaca sekarang ini yang agak ekstrim sehingga sangat rawan terhadap penularan penyakit,” Tandasnya.

Di akhir sambutannya Pangdam mengucapkan terima kasih kepada pihak Komunitas Aliyah Mustika Ilham (KAMI), atas terselenggaranya kegiatan sosialiasi ini.

“Begitu pula kepada narasumber yang memberikan materi sosialisasi tentang program pencegahan pengendalian penyakit ISPA pada saat ini, saya ucapkan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya,” Tutupnya.

Hadir pada kegiatan Anggota Komisi IX DPRI RI Hj. Aliyah Mustika Ilham, S.E., M.A.P., Ketua Tim Kerja TB-ISPA, Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar dan Kakesdam XIV/Hasanuddin.(Nindar)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA