TNI  

Pangdam Hasanuddin : Current Audit Memiliki Arti Penting Dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi*

Suaranesia.com//Makassar(Sulsel) – Kasdam XIV/Hasanuddin Brigjen TNI Dany Budianto, membuka secara resmi dan memberikan taklimat awal kegiatan pengawasan dan pemeriksaan (Wasrik) Current Audit dari Itjenad bertempat di Ruang Bina Yudha Makodam, Jl. Urip Sumoharjo Makassar. Senin (10/10/2022).

Current Audit ini dilaksanakan untuk mengendalikan kegiatan dan penggunaan anggaran sesuai program yang telah ditetapkan guna mencegah terjadinya penyimpangan sehingga dapat terwujud satuan yang lebih maju dan profesional.

Adapun yang menjadi sasaran pemeriksaan Tim adalah pelaksanaan program kerja dan anggaran TA 2022, pengklasifikasian belanja barang dan modal, pengelolaan BMP, PNBP, dana Yanmasum dan reformasi birokrasi serta pemanfaatan asset, prosedur hibah, penatausahaan persediaan dan administrasi kelengkapan Wabku.

Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han), M.H., dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasdam sangat mengapresiasi kehadiran Tim dari Itjenad pada saat ini karena kegiatan Current Audit yang akan dilaksanakan memiliki arti penting dalam upaya meningkatkan kinerja organisasi, dimana kegiatan pengawasan seperti ini merupakan aplikasi dari salah satu fungsi manajemen, yaitu fungsi kontrol dan sekaligus sebagai alat kendali terhadap penyelenggaraan mekanisme kerja organisasi.

Dengan melihat manfaat dari pelaksanaan Current Audit ini Pangdam mengharapkan kepada Staf atau satuan yang akan menjadi sasaran pemeriksaan agar mendukung kegiatan ini.

“Saya minta kepada Staf atau satuan yang akan menjadi sasaran pemeriksaan antara lain Staf Umum Kodam XIV/Hasanuddin, Korem 141/TP, Korem 143/HO dan beberapa satuan Balak dalam jajaran Kodam XIV/Hasanuddin, Kodim 1408/Makassar, Deninteldam XIV/Hasanuddin, Yonzipur 8/SMG dan Yonif Raider 700/WYC agar mendukung kegiatan ini dengan memberikan keterangan dan data yang diperlukan oleh Tim, sehingga waktu yang tersedia dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien,” Tuturnya.

“Dengan harapan Tim dapat bekerja secara maksimal agar satuan dapat mengetahui kekurangan dan segera memperbaiki/menindaklanjuti rekomendasi dari Tim sehingga pada saat pelaksanaan Post Audit nantinya, tidak ada temuan lagi,” Sambungnya.

“Kepada Tim Curent Audit Itjenad, saya ucapkan selamat melaksanakan tugas dan sekiranya dalam pelaksanaan pemeriksaan ditemukan berbagai kelemahan dan kekurangan, saya berharap Satker yang bersangkutan dapat diberikan arahan serta cara penyelesaian terbaik, sehingga satuan tersebut dapat memahami kekurangannya dan segera menindaklanjuti sebagaimana yang diharapkan,” Tambahnya.

Pada kesempatan yang sama Brigjen TNI Dwi Wahyudi, S.A.N., M.M., selaku Ketua Tim Wasrik Current Audit Itjenad dalam memberikan Taklimat Awal menuturkan bahwa metode pengawasan Current Audit merupakan pengawasan dalam program dan anggaran yang sedang berjalan pada tahun Anggaran 2022 dengan tujuan untuk memberikan penilain independen tentang manajemen resiko pengendalian dan proses tata kelola sesuai ketentuan yang berlaku.

Tim Wasrik Itjenad ini akan melakukan pemeriksaan selama 10 hari kerja, dimulai Senin tanggal 10 sampai dengan 18 Oktober 2022.

Turut hadir Tim Wasrik Current Audit Itjenad dan para Pejabat Utama (PJU) Kodam XIV/Hasanuddin.Nindar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!